Perawatan (Maintenance) pada boiler water tube



1.      Perawatan harian (daily mantenence)
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tiap 1 jam
a.       Water level dari tanki condensate
b.      Fuel oil level dari dari service tank dan strong tank
c.       Cooling Water
d.      Suhu dan tekanan minyak pelumas dari seluruh peralatan katel


Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tiap 4 jam
a.       Buka drain valve tanki penampungan udara, pemanas udara dan tank compressor
b.      Analisa boiler feed  Water dan boiler Water tiap 2 jam sekali
c.       Gantu Burner dan bersihkan Burner tip (bila menggunakan Burner)
d.      Lakukan damping stocker
e.       Lakukan Soot blowing.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tiap 8 jam
a.       Lakukan Blow Down lower drum
b.      Lakukan pembersihan total diseluruh area boiler
c.       Penggantian/pemberian chemical baru untuk boiler Water

2.      Perawatan mingguan (weekly Maintenance)
a.       Pembersihan saringan (screen) pada masing-masing bagian atau alat
b.      Chack kekencanan rantai dan belt
c.       Lakukan blow pada bagian bawah
d.      Lakukan pelumasan-pelumasan pada bearing
3.      Perawatan bulanan (mounthly Maintenance)
a.       Lakukan blow pada header
b.      Keluarkan abu dari dalam ketel
c.       Chack pelumasan pada coupling-coupling
d.      Chack I.D.F impeller dan Dust collector.



4.      Pemeliharaan Boiler Selama Masa Operasi
Ketel uap tidak akan dapat berumur panjang apabila tidak dilaksanakan pemeliharaan secara seksama (intensif), baik dalam masa operasi maupun dalam masa penyimpanan. Pemeliharaan secara seksama dalam masa operasi dimaksud adalah bagaimana cara mengoprasikan ketel uap tersebut sesuai dengan petunjuk yang berlaku atau yang sesuai dengan design pembuat boiler tersebut.
Disamping itu pula, maka penggunaan air umpan juga harus sesuai atau memenuhi syarat sebagai air pengisi ketel. Yang jelas bahwa air pengisi boiler harus bebeas dari zat-zat yang dapt merusak boiler, baik korosi maupun kerak. Untuk mencegah hal demikian, maka dilakukan perlakuan external treatment dan internal treatment, misalnya di pasang PH control pada condensate line, atau dilakukan Water treatment untuk raw Water, juga penginjeksian chemical pada feed  Water dan boiler Water.
Untuk mengetahui bahwa sifat-sifat air sudah memenuhi syarat, maka dilakukan penelitian air pengisi dan air boiler secara intensif di laboratorium. Denga menjaga angka-angka yang disajikan sebagai air pengisi dari air boiler berarti juga membantu penggunaan boiler berumur panjang. Standar limit untuk boiler Water adalah :

Tabel 3.5 Standar limit untuk boiler Water
PH
10,8-11,3
Conduktifity (mhs)
3000
Dissolved solid (ppm)
2250
Total hardness (ppm)
tracess
O alkalinity (ppm)
200
Phosphate (ppm)
30-70
Sulphite (ppm)
20-40
Silica as SiO2 (ppm)
0,25 x O Alk

5.      Pemeliharaan Boiler Selama Setelah Masa Operasi
Tidak kalah pentingnya pemeliharaan boiler selama setelah masa operasi disbanding dengan masa selama operasi. Sebab bagaimanapun logam itu akan dengan mudah dirusak oleh zat-zat perusak logam , misalnya oksigen dsb.
Apalagi katel uap yang akan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, hal tersebut harus mendapatkan perawatan yang betul baik. Langkah pertama yang diambil setelah boiler mengalami operasi beberapa bulan dan akan disimpan cukup lama adalah chemical Cleaning dan mechanical Cleaning, adapun penginjeksian chemical kedalam boiler untuk proses chemical Cleaning yaitu:
a.       Dua hari sebelum boiler dimatikan, maka jenis chemical yang telah ditentukan serta dosisnya mulai diinjeksikan dengan memonitor PH air boiler tidak boleh lebih dari 13.
b.      Secara rutin dilakukan Blow Down lower drum, untuk membuang kotoran-kotoran yang mengendap
c.       Setelah dua hari di injeksikan chemical, maka boiler dimatiakn dan selanjutnya dilakukan sirkulasi air/penggantian air pengisi.
d.      Setelah boiler dalam keadaan dingin, maka air boiler di blow (dikosongkan)
e.       Diadakan pemeriksaan oleh pihak depnaker, untuk menentukan hal-hal yang perlu dilaksanakan pada langkah selanjutnya contohnya pada perlakuan mechanical Cleaning dalam dan luar pada bagian boiler.
f.       Setelah diadakan pembersihan baik bagian luar maupun dalam yang mana hal tersebut dilakukan dengan dengan meerlukan waktu  , maka akan dilakukan ulang oleh pihak depnaker, untuk menentukan apakah masih perlu dilakukan pembersihan ulang atau tidak

6.      Pemeriksaan Dan Repair
Pemeriksaan katel uap dilakukan dengan dua cara yaitu:
a.       Pemeriksaan yang dilakukan oleh depnaker yaitu steam drum, Water drum, superheater Tube, kebersihan, kekuatan material, kondisi material dan Water Tube. Bagian-bagian tersebut tentunya dikaitkan dengan bagian-bagian yang bertekanan tinggi yang sangat membahayakan bagi keselamatan manusia.
b.      Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak perusahaan yaitu bagian yang tidak bertekanan tinggi, yang mana bagian tersebut dikaitkan dengan produktivitas dan hal-hal yang mengganggu efisiensi boiler misalnya pada rangka bakar, dinding boiler casing, impeller, damper, isolasi dsb.

Setelah kedua belah pihak menentukan bagian-bagian mana yang perlu diadakan perbaikan dan penggantian, maka dimulailah repair missal nya pada
a.       Penggantian pipa – pipa air.
b.      Penggantian pipa – pipa uap
c.       Penggantian pipa – pipa gas
d.      Perbaikan batu-batu dinding
e.       Perbaikan casing
f.       Perbaikan impeller
g.      Isolasi
Apabila pekerjaan repair dinyatan sudah selesai, maka selanjutnya akan diadakan periksaan yang ketiga oleh pihak depnaker dan perusahaan.

7.      Hydrostatis test
Untuk menetukan bahwa boiler tersebut sudah memenuhi syarat untuk di operasikan maka dilakukan hydrostatis test. hydrostatis test yaitu perlakuan pemadatan boiler dengan menggunakan air dingin dan bersih untuk mengetahui dan meyakinkan bahwa boiler tersebut dalam keadaan tidak bocor baik pada valve, packing dan pipa. Cara pemadatan yang benar adalah:
a.       Boiler dalam keadaan kosong, drain-drain valve di tutup rapat, safty valve difrange mati, steam valve uap induk ditutup rapa, vent valve steam drum dan superheater dibuka penuh.
b.      Jalankan pompa feed  Water dengan bukaan kecil, dengan kondisi air pengisi yang memenuhi syarat.
c.       Setelah air boiler penuh sehingga air tumpah melalui vent valve, dan yakinkan bahwa udara sudah tidak ada, matikan pompa dan tutup vent valve.
d.      Jalankan pompa khusu pemadatan, dengan kapasitas yang kecil (ditentukan), untuk mendapatkan kenaikan tekanan secara perlahan
e.       Kenaikan tekanan pada pemadata adalah 10% dari tekanan kerja yang di izinkan. Tekanan pengujian (pemadatan) yang di izinkan adalah:
1)      Tekanan kerja kurang atau sama dengan 5 kg/cm2, maka tekanan pemadatan = 2 kali tekanan kerja.
2)      Tekanan kerja lebih besar dari 5 kg/cm2, lebih kecil dari 10 kg/cm2, maka tekanan pemadatan = 5 + tekanan kerja
3)      Tekanan kerja lebih besar dari 10 kg/cm2, maka tekanan pemadatan = 1,5 kali tekanan kerja.
Sedangkan untuk boiler yang sudah digunakan, tekanan pemadatan = tekanan kerja maksimum + 3 kg/cm2,
f.       Penekanan pada tekanan pengujian dilakukan tidak terlau lama, maka sesudah nya tekanan diturunkan pelan-pelan dengan kecepatan 5 kg/cm2/menit maksimum.


8.      Steam test (percobaan dengan tekanan uap)
Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan kerja dari tingkat pengamanan (safety valve) disesuaikan dengan maksud pemakayan. Dengan tidak melebihi tekanan yang di izinkan. Percobaan ini dilakukan pada tiap:
a.       Penggantian tiap-tiap pengaman
b.      Pemakayan tingkat pengaman dengan menggunakan pegas.
c.       Tingkat-tingkat pengaman yang bekerjanya diragukan.
d.      Penggantian jenis bahan bakar
e.       Setiap boiler yang dilengkapi dengan alat otomatis
Perawatan (Maintenance) pada boiler water tube Perawatan (Maintenance) pada boiler water tube Reviewed by dpy on May 08, 2013 Rating: 5

20 comments:

  1. Replies
    1. Baik pak,
      jika ingin copy ke web lain mohon cantumkan sumber ya pak.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. TERIMAKASIH TULISANNYA, SANGAT BERMANFAAT.

    ReplyDelete
  3. i love reading this article so beautiful!!great job! Unterhaltsreinigung Göttingen

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing this quality information with us. I really enjoyed reading. Will surely going to share this URL with my friends. Gebäudereinigung Nörten-Hardenberg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your comment, however i cannot open your site.

      Delete
  5. You need to take part in a tournament for example of the greatest blogs on-line. I’m going to suggest this great site! Heatable boiler service

    ReplyDelete
  6. Thanks for picking out the time to discuss this, I feel great about it and love studying more on this topic. It is extremely helpful for me. Thanks for such a valuable help again. cool company name ideas

    ReplyDelete
  7. Thanks for picking out the time to discuss this, I feel great about it and love studying more on this topic. It is extremely helpful for me. Thanks for such a valuable help again. cool company name ideas

    ReplyDelete
  8. Great content material and great layout. Your website deserves all of the positive feedback it’s been getting. Reinigungsfirma Northeim

    ReplyDelete
  9. This was a really great contest and hopefully I can attend the next one. It was alot of fun and I really enjoyed myself.. 토토 꽁머니 30000

    ReplyDelete
  10. This was a really great contest and hopefully I can attend the next one. It was alot of fun and I really enjoyed myself.. 토토 꽁머니 30000

    ReplyDelete

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.