mesin-Hot Press

    Mesin Hot Press Merupakan Proses pembentukan Komposit, hal ini di capai untuk dengan penerapan panas dan tekanan. mesin hot press digunakan untuk bahan alam yaitu : matriks dan serat rami, yang nantinya digunakan sebagai bahan anti peluru.






Kehidupan manusia tidak terlepas dari Polimer. Polimer merupakan bahan yang sangat bermanfaat dan digunakan secara luas, diantaranya adalah kertas, pelastik, serat alamiah, dan sebagainya. Berdasarkan asalnya polimer digolongkan menjadi dua jenis yaitu, polimer alam dan polimer sintetis/buatan. Polimer alam berasal dari mahkluk hidup seperti karet alam dan singkong sedangkan polimer sintetis/buatan merupakan polimer buatan hasil industri contohnya seperti pipa air, plastik, pakaian dan lain lain. Dari macam-macam jenis polimer diatas, ada tiga macam cara pembuatan pada polimer sintetis yaitu : pengolahan cetak tiup (Blow Moulding), pengolahan cetak tekan (compression Moulding), dan pengolahan ekstrudasi (extrusion Moulding).
Pengembangan pengolahan polimer nantinya akan menggunakan sebuah Mesin, dimana prinsip pengolahan menggunakan cetakan pada die (sebagai penahan) dan punch (sebagai penekan) serta pemberian suhu yang dapat di kontrol, mesin tersebut adalah hot press. Mesin hot press ini dapat membentuk polimer sesuai kebutuhan. Sehingga dalam pembuatan polimer harus memperhatikan faktor-faktor yang mampu menunjang kinerja mesin.
Secara teknis mesin Hot Press tidaklah jauh berbeda, prinsip-prinsip mekanik mesin Hot Press tetap melekat pada mesin Hot Press lainnya.  Upaya untuk meningkatkan kemampuan peralatan mesin Hot Press yang sudah ada di pasaran maka dilakukan suatu kegiatan pengembangan peralatan berupa kontrol penekan otomatis yang dilengkapi dengan sensor jarak, pengatur suhu, dan pengatur tekanan. Sehingga mesin tersebut sangat efektif, efisien dan mudah dalam pengoprasiannya.
Salah satu kegunaan dari mesin Hot Press ini yaitu produk panel anti peluru, yang nantinya digunakan dalam peralatan militer. Sekarang ini masih banyak di temukan panel anti peluru yang sifatnya berat dan tidak nyaman dalam pemakaian, oleh karena itu melalui mesin Hot Press ini terciptalah panel anti peluru yang ringan dan sangat efektif, serta efisien digunakan. Pembuatan produk panel anti peluru ini membutuhkan bahan komposit. Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material sehingga menghasilkan material baru yang mempunyai karakteristik yang berbeda. Komposit yang dibutukan untuk membuat produk panel anti peluru adalah  polimer alam diantaranya adalah serat rami dan matriks ( Rumah Semut ). Dalam prosesnya mula-mula matrik dipanaskan hingga mencair dengan suhu yang dibutuhkan 90o. kemudian potongan serat rami yang telah tersusun rapi, dimasukkan kedalam cetakan, tepat di atas matris yang mencair. Setelah bahan tersebut digabungkan maka dapat di press sesuai tekanan yang dibutuhkan. Untuk melihat hasil produk maka tunggu sampai mesin Hot Press telah dingin, sehingga material komposit tersebut benar-benar keras
 
mesin-Hot Press mesin-Hot Press Reviewed by dpy on May 01, 2013 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.