Alat pengaman kebakaran pada oksi-asetilen



Alat pengaman bahaya kebakaran pada peralatan potong panas  oksi-asetilen  diantaranya:
·      APAR atau fire extinguisher atau biasa diberi istilah racun api. Peralatan pemadam kebakaran jenis ini merupakan peralatan reaksi cepat berguna untuk memadamkan api jenis A, B, dan C.
·      Apabila ada api yang menyala pada saluran selang dari alat pemotong panas oksi-asetilen, sebelum api tersebut dipadamkan dengan APAR, tutup dulu keran gas saluran tersebut. Jika nyala apinya tetap membesar maka langkah selanjutnya mengambil APAR lalu semprotkan api tersebut hingga padam.  Perlunya langkah awal menutup keran gas, agar nyala api tidak bertambah besar, atau bahkan dapat menjalar ke tabung asetilen yang dapat menyebabkan meledak. Ledakan tabung gas dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar, bahkan dapat meruntuhkan bangunan. Oleh karena itu kebakaran harus dihindari dengan cara bekerja dengan hati-hati dan perlengkapan pemadam kebakaran harus ada ditempat kerja dan siap pakai.
·      Pemadam kebakaran APAR ditunjukan pada dibawah.   Cara menggunakan alat ini sebagai berikut:
Dekatkan alat ini dari lokasi kebakaran, cabut pen pengancing katup, arahkan moncong selang ke tempat kebakaran dari jarak 2 hingga 3 meter lalu tarik (tekan) platuk katup, gas CO2 keluar dan menyembur berupa busa dan menutupi tempat yang terbakar tersebut, dan api padam.  Perlu diketahui, bahwa APAR hanya sekali pakai,  jika telah digunakan harus diisi kembali. APAR yang belum terpakai setahun sekali harus dicek oleh petugas dari Dinas yang mengurusi Pemadam Kebakaran.

Alat pengaman kebakaran pada oksi-asetilen Alat pengaman kebakaran pada oksi-asetilen Reviewed by dpy on April 02, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.