Memasang Sistem Saluran pengecoran logam



Sistem saluran adalah jalan masuknya logam cair ke dalam rongga cetakan. Saluran ini harus dibuat sedemikian sehingga logam cair dapat memenuhi rongga cetakan dengan baik dan tidak menimbulkan cacat pada coran dan terdiri dari cawan tuang saluran turun pengalir dan saluran masuk.
Sistem saluran dapat dibuat dengan sederhana maupun dengan detail. Dibuat sederhana apabila bentuk benda yang akan dicor memiliki bentuk yang sederhana, sehingga logam cair tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi seluruh rongga cetakan.  Sistem saluran sederhana hanya memiliki saluran turun saja, tanpa menggunakan cawan tuang, pengalir dsb.
Sistem saluran dibuat detail apabila benda yang dibuat cukup rumit, sehingga untuk menyalurkan logam cair harus dibuat sedemikian rupa sehingga logam cair dapat memenuhi seluruh rongga cetakan. Sistem saluran detail terdiri dari cawan tuang, saluran turun, pengalir dan saluran masuk, seperti dijelaskan pada Gambar 5.  

Setiap bagian pada saluran diberi nama, dari mulai cawan tuang dimana logam cair dituangkan dari ladel, sampai saluran masuk kedalam rongga cetakan. Nama-nama itu adalah : cawan tuang, saluran turun, pengalir atau saluran masuk.
Cawan tuang merupakan penerima yang menerima cairan logam langsung dari ladel. Cawan tuang biasanya berbentuk corong atau cawan dengan saluran masuk dibawahnya. Cawan ini harus mempunyai konstruksi yang tidak melewatkan kotoran yang terbawa dari logam cair. Oleh karena itu cawan tidak boleh terlalu dangkal, atau dengan perbandingan tinggi logam cair dan diameter cawan lebih dari 3 kali.
Saluran turun adalah saluran yang pertama membawa cairan logam dari cawan tuang kedalam pengalir dan saluran masuk. Saluran ini dibuat tegak dan lurus dengan irisan berupa lingkaran. Kadang bentuk irisan sama dari atas sampai bawah, atau mengecil dari atas ke bawah. Yang pertama dibutuhkan kalau pengisian yang cepat dan lancar, sedang yang kedua dipakai untuk penahanan kotoran sebanyak mungkin.
Pengalir adalah saluran yang membawa logam cair dari saluran turun kebagian-bagian yang cocok pada cetakan. Pengalir biasanya memiliki irisan seperti trapesium atau setengah lingkaran sebab irisan demikian mudah dibuat pada permukaan pisah, lagi pula pengalir memiliki luas permukaan yang terkecil untuk luas irisan tertentu, sehingga lebih efektif untuk pendinginan yang lambat.
Saluran masuk adalah saluran yang mengisikan logam cair dari pengalir ke dalam rongga cetakan. Saluran masuk dibuat dengan irisan yang lebih kecil dari pada irisan pengalir, agar dapat mencegah kotoran masuk kedalam rongga cetakan. Bentuk irisan saluran masuk biasanya berupa bujur sangkar, trapesium, segi tiga atau setengah lingkaran, yang membesar kearah rongga cetakan atau mencegah terkikisnya cetakan.
Memasang Sistem Saluran pengecoran logam Memasang Sistem Saluran pengecoran logam Reviewed by dpy on September 02, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.