sistem saluran dari coran besi cor

Cara-cara berikut ini dipergunakan untuk menghitung dan menentukan sistem saluran dari coran besi cor :
1. Tentukan berat logam cair (W) yang akan dituang dengan cara penimbangan atau dengan pengukuran volume benda coran (V) dihubungkan dengan masa jenis logam coran (γ) dengan rumus : W = y x v

2. Tentukan waktu tuang T sesuai dengan jumlah berat dari logam cair yang dituang W dengan mempergunakan diagram empiris gambar 3 atau daftar tabel 1 dibawah. 

3. Tentukan volume penuangan Q per satuan waktu dari jumlah berat yang dituang W, waktu tuang T dan berat jenis logam g. Persamaan yang digunakan : 














4. Volume tuang Q persatuan waktu ialah perkalian dari luas irisan dari saluran masuk a dan kecepatan rata-rata dari logam n, sehingga a ditentukan dari n. Dan n dihitung dari tinggi saluran turun h dengan :





Dimana g percepatan grafitasi 980 cm/ dt2 dan C adalah koefisien aliran yaitu 0,5-0,6 untuk saluran yang rumit dan 0,9-1.0 untuk saluran sederhana.





5. Kalau saluran masuk lebih dari 2, luas irisan a dibagi oleh banyaknya saluran masuk. Ukuran saluran masuk ditentukan sesuai dengan luas irisannya. 

6. Ukuran saluran turun dan pengalir ditentukan dari jumlah luas irisan saluran masuk. Untuk besi cor biasanya ditentukan dari : luas irisan saluran turun>  luas irisan pengalir > luas irisan saluran masuk. Perbandingan dari ketiga ini diambil 1 : 0,9 : 0,8 atau 1 : 0,75 : 0,5. Tetapi saluran bawah mempunyai luas saluran masuk yang lebih besar, dan hal ini kadang-kadang perbandingan ini diambil 1 : 1,1 : 1,2  atau 1 : 1,25 : 1,5. Dalam perhitungan sistem pengisian, dalam hal ini luas saluran masuk dari nomor 3) diatas di substitusi oleh luas saluran turun untuk menentukan ukuran saluran turun, pengalir dan saluran masuk. Tetapi perhitungan ini sukar. Cara termudah mempergunakan ukuran standar, dimana hanya perlu memilih salah satu harga yang cocok. Daftar tabel 1 adalah salah satu contoh dari saluran turun yang lebih besar dari saluran masuk.


Pembuatan sistem saluran dari coran bukan besi perlu mempertimbangkan sifat-sifat paduan, dan memakai sistem saluran yang cocok untuk itu.


Jenis dasar dari sistem saluran untuk paduan bukan besi adalah saluran penambah, saluran bawah, saluran pensil,saluran cabang dan sebagainya. Untuk lebih jelas sistem saluran coran bukan besi dapat diperoleh pada buku Teknik Pengecoran Logam.

 


sistem saluran dari coran besi cor sistem saluran dari coran besi cor Reviewed by dpy on August 30, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.