Langkah-langkah pengoperasian Mesin frais



Pengoperasian mesin frais pada dasarnya sama dengan mengoperasian mesin perkakas lainnya yaitu harus berpedoman pada petunjuk pengopersian atau biasa disebut SOP (Standart Operation Sheet) Dari berbagai mesin perkakas yang ada mesin frais termasuk salah satu mesin yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk komponen sebagaimana sudah diuraikan di atas. Dengan demikian diperlukan langkah-langkah yang cermat dan teliti dalam mengoperasikannya. Langkah-langakh yang dapat sebagai acuan dalam mengopersikan mesin frais antara lain :

a.       Pelajari dan ikuti petunjuk SOP sebelum mengoperasikan mesin frais
b.      Pelajari gambar kerja untuk menentukan langkah kerja yang efektif dan efesien.
c.       Tentukan karakteristik bahan yang akan dikerjakan untuk menentukan  
d.      Tentukan jenis cutter/alat potong dan median pendingin yang akan digunakan.
e.       Tapkan kualitas hasil penyayatan yang diinginkan.
f.        Tentukan geometri alat potong yang digunakan dengan tepat
g.      Menentukan alat bantu yang dibutuhkan di dalam proses.
h.      Tentukan roda-roda gigi pengganti apabila dikehendaki adanya pengerjaan-pengerjaan khusus.
i.        Tentukan parameter-parameter pemotongan yang berpengaruh dalam proses pengerjaan (kecepatan potong, putaran mesin, kecepatan pemakanan, kedalaman pemakanan, waktu pemotongan dll).
            Untuk melaksanakan langkah-langkah diatas, kita terlebih dulu harus dapat menghidupkan mesin. Setiap mesin mempunyai bagian sendiri-sendiri yang digunakan untuk menghidupkan mesin, sebagai contoh pada mesin frais HMT. Untuk menghidupkan kita harus mengaktifkan saklar aliran listrik kemudian kita menekan swit “on” untuk mengalirkan arus listrik, sedangkan untuk mematikan kita cukup menekan swit “off” maka dengan demikian putaran mesin akan berhenti. Sedangkan pada mesin Bridge port peletakan handle-hanle untuk menghidupkan mesin tidak sama dengan mesin HMT. Akan tetapi pada prinsipnya cara menghidupkan sama dengan mesin HMT termasuk jenis mesin frais lainnya.
Langkah-langkah pengoperasian Mesin frais Langkah-langkah pengoperasian Mesin frais Reviewed by dpy on March 02, 2018 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.