Pemasangan gagang silindris pada mesin frais

Dengan pemegang tang pasang (arbor pendek)  kita dapat menjepit dan memasang pisau frais kedalam spindel utama frais dengan gagang silindris Pada prinsipnya arbor pendek  terdiri dari sebuah tabung konis dengan lubang silindris. Ukuran lubang itu harus sama atau sedikit lebih besar darii diameter gagang pisau frais. Kekencangan pemasangan diperoleh bila arbor pendek  konis ditekan ke dalam lubang gagang yang juga konis Dilihat dari bentuknya tang pasang sangat banyak. Sejumlah diantaranya terdapat dalam gambar di bawah:


 Petunjuk penggunaan.


ukuran panjang jepit pisau  frais dalam arbor pendek  paling sedikit harus 2 x garis tengah gagang pisau frais. Yang paling aman ialah menjepit pisau frais  sedemikian rupa hingga penyuaian arbor pendek  menjepit keliling gagang pisau frais sesuai dengan ukuran panjangnya.
gunakan kunci yang tepat untuk mengikat atau menekan tang pasan jangan memasang gagang silindris dengan garis tengah yang lebih besar atau lebih kecil yang dinyatakan pada tang pasan dalam arbor pendek  yang biasa,  pisau frais dengan gagang silindris pada pengefraisan  yang lebih berat cenderung selip dan bergeser sebuah bor dengan gagang silindris tidak  boleh ditempatkan dalam arbor pendek, kecuali lubangh dalam arbor tersebut sesuai ukurannya atau tersedia alat bantu walaupun bahaya pada penempatan sebuah aparat peluas akan berkurang, namun dianjurkan konstruksi yang serupa seperti untuk bor. Aparat peluas itu harus memiliki ukuran yang sama dengan arbor. dengan sebuah pisau frais atau kelengkapan peluas, yang gagangnya rusak tidak dapat dilakukan pengefraisan yang cermat. Arbor  akan rusak dan tidak mungkin menjepit dengan baik periksalah terhadap kotoran dan beram tempatkan dengan baik pemegang maupun atrbor pendek  dalam keadaan bersih dan diberi gemuk di rak.

Konstruksi arbor pendek  untuk pengefraisan kasar/berat Bila pengefraisan berat kemungkinan frais akan selip, maka dalam hal ini pisau frais dapat dibuat dengan gagang yang berulir.

Pemasangan gagang silindris pada mesin frais Pemasangan gagang silindris pada mesin frais Reviewed by dpy on April 14, 2019 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.