TA ABSTRAK - Proses Pembuatan Shaft dan Bushing pada Mesin Hot Press Sistem Hydraulic


PROSES PEMBUATAN SHAFT DAN BUSHING

PADA MESIN HOT PRESS SISTEM HYDRAULIC



Oleh :

DIMAS PANJI YUNARTO

10503244016



ABSTRAK

Tujuan dari proyek akhir ini yaitu membuat Shaft dan bushing pada mesin hot press sistem hydraulic yang meliputi (1) mengetahui cara memilih bahan yang tepat untuk membuat shaft dan bushing pada mesin hot press. (2) mengetahui alat dan mesin yang digunakan (3) Mengetahui cara proses pembuatan shaft pada mesin hot press. (4) Mengetahui cara proses pembuatan bushing pada mesin hot press. (5) Mengetahui fungsi dan hasil dari pembuatan shaft dan bushing pada mesin hot press.

Mengidentifikasi gambar kerja adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Kegiatan yang selanjutnya dilakukan adalah menentukan alat dan mesin yang akan digunakan, menentukan langkah kerja pembuatan shaft dan bushing serta menguji kinerja dari shaft penyangga dengan bushing. Proses pembuatan shaft benda kerja melalui beberapa langkah yaitu proses pemotongan bahan, proses pembubutan (muka dan rata) serta proses ulir sedangkan proses pembuatan bushing yaitu proses pemotongan bahan, proses pembubutan (muka dan rata) dan proses pengeboran. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan shaft dan bushing benda kerja adalah St 37. Sedangkan mesin dan alat yang digunakan meliputi : mesin gergaji, mesin bubut, pahat HSS, jangka sorong, mistar gulung, bor senter, mata bor dan lain sebagainya.

Hasil pembuatan shaft mampu menahan beban tarik yang di timbulkan oleh hydraulic dengan dimensi Ø 48 mm x 600 mm sedangkan bushing dapat menahan atau menumpu poros dengan baik dengan dimensi Ø 63 mm x 100 mm. Setelah melakukan pengujian shaft pada mesin hot press mampu menahan beban tarik sebesar 2 ton.



Kata kunci : Pembuatan, shaft, bushing, mesin hot press
TA ABSTRAK - Proses Pembuatan Shaft dan Bushing pada Mesin Hot Press Sistem Hydraulic TA ABSTRAK - Proses Pembuatan Shaft dan Bushing pada Mesin Hot Press Sistem Hydraulic Reviewed by dpy on January 18, 2020 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.