memasang pola pada plat



Pada beberapa bentuk coran, sering dipilih bentuk pola plat. Pemilihan ini didasarkan pada kelebihan pola plat yang dapat menyangga pola terhadap geseran dan getaran sehingga cetakan pasir yang dihasilkan dari jenis pola pasangan lebih presisi. Kelebihan lain pola plat adalah pembuatan cetakan pada pasir dengan pola plat akan lebih cepat dan dibuat lebih padat di banding dengan pola umumnya.
Penempelan pola pada plat dilakukan dengan mengacu gambar penampang pola dan garis sumbu yang sudah dibuat pada pemelajaran 1. Langkah selanjutnya adalah penempelan pola pada dengan lem yang diperkuat dengan klem. Setelah pola dianggap cukup kuat pada plat,maka pengeboran dilakukan pada  bagian pola atas sampai menembus masuk pada plat, demikian juga pola bawah dibor dengan cara sama.
Untuk menghubungkan antara pola dengan plat, ada 2 metode yang bisa digunakan. Metode pertama dengan menggunakan pin pengikat dengan dibantu kekuatan lem. Cara ini lebih praktik namun memiliki kelemahan yaitu tidak bisa dilepas antara bagian pola dengan bagian plat. Metode kedua dengan menggunakan mur baut. Penggunaan mur baut lebih disukai karena pola bisa dilepaskan dari plat, walaupun pengerjaannya membutuhkan waktu dan ketelitian yang lebih dari metode pertama. Pada modul ini digunakan metode penempelan dengan mur baut, dengan tujuan penggunaan mur baut untuk memudahkan pemasangan pola dengan plat dan memudahkan pembuatan cetakan pada pasir cetak.

1.    Tujuan penggunaan plat pada pola plat agar dapat menyangga pola terhadap geseran dan getaran sehingga cetakan pasir yang dihasilkan dari jenis pola pasangan lebih presisi.
2.    Untuk menghubungkan pola dengan plat, ada 2 metode yaitu metode pin pengikat dengan dibantu kekuatan lem dan metode mur baut yang bisa dilepas.


memasang pola pada plat memasang pola pada plat Reviewed by dpy on August 25, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.