Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Bubut CNC



  • Pengesetan perkakas offsset  pahat

Mengeset pahat (tool offset) untuk mendapatkan data kompensasi panjang pahat bubut dilakukan dengan bantuan perkakas optik yang dipasang pada alas mesin bubut (lihat gambar4-1)

  •  Prosedur mendapatkan data pahat bubut

Pada revolver pahat dapat dipasang 3 buah pahat luar dan 3 buah pahat dalam.
Pengesetan pahat luar:
a)  Pahat yang akan digunakan harus sudah terpasang dengan baik sesuai standar pemasangan pahat bubut, yaitu posisinya tepat setinggi senter. Penjepitan pemegang pahat sesuai ketentuan, yaitu dijepit dengan bagian menonjol keluar maksimum 13 mm.
b)  Diantara pahat yang akan digunakan, salah satu dapat dijadikan sebagai pahat referensi. Biasanya pahat referensi adalah pahat yang pertama kali digunakan dalam proses pemesinan (proses pengerjaan), yaitu pahat sisi kanan.
c) Tempatkan pahat referensi (pahat sisi kanan) pada posisi siap kerja, kemudian gerakkan sehingga jika dilihat dengan perkakas optik terletak pada garis persilangan (lihat gambar 4-2). Pada posisi pahat referensi demikian, penunjukan harga X dan Z diatur agar menjadi “0” (nol)
Semua pahat yang akan digunakan satu per satu ditempatkan pada posisi garis persilangan. Saat pahat sisi kiri ditempatkan pada garis persilangan (gambar 4-3), penunjukan harga X dan Z menunjukkan angka tertentu. Angka tersebut merupakan data pahat (data kompensasi pahat) untuk pahat sisi kiri. Penunjukan angka tersebut harus dicatat.

Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Bubut CNC   Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Bubut CNC Reviewed by dpy on February 06, 2018 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.