Uji Coba Program CNC



1) Tujuan Uji Coba Program
Uji coba program harus dilaksanakan sebelum suatu program CNC dipilih untuk digunakan dalam proses pemesinan suatu produk.
Tujuan uji coba adalah untuk mengetahui apakah suatu program CNC aman untuk digunakan, mengetahui durasi jalannya program dan mengetahui kualitas produk yang dihasilkan.
2)  Prosedur Uji Coba Program
Uji coba program dilaksanakan dengan urutan langkah tertentu, yang merupakan standar baku. Urutan langkah tersebut harus diikuti agar terhindar dari kemungkinan resiko kesalahan program yang dapat berakibat pada kerusakan mesin, benda kerja, maupun keselamatan operator mesinnya.
Prosedur pelaksanaan uji coba program adalah:
a)   Uji jalan program
Uji jalan program adalah perintah membaca dan menjalankan program CNC tanpa gerakan pisau dan poros utama. Uji jalan program dapat mengetahui beberapa jenis kesalahan, diantaranya:
(1) Kesalahan bahasa, format pemrograman, dan matematis
(2) Kesalahan tulis (ketik) dalam pemasukan data secara manual
(3) Kesalahan pembacaan pada pemasukan data melalui media penyimpan data atau melalui kabel.
b)   Uji lintasan pisau/alat potong
Uji lintasan pisau/alat potong dilakukan dengan menjalankan program CNC tanpa benda kerja (dry-run), pisau bergerak pada daerah operasi mesin yang kosong (tidak ada benda kerja) sehingga terhindar dari kemungkinan menabrak benda kerja, perlengkapan cekam, atau peralatan lainnya.
Untuk mendeteksi lintasan alat potong relatif digunakan alat gambar (pentograf). Dengan uji lintasan pisau dapat dideteksi:
(1) Kesalahan arah gerak pahat
(2) Kesalahan jenis gerak pahat, gerak pemakanan (feeding) atau pemosisian
c)    Uji data kompensasi pahat
Uji data kompensasi pahat dilakukan dengan memanggil pahat tertentu ke posisi tertentu menggunakan program tersendiri untuk memanggil pahat atau menggunakan program CNC yang akan diuji coba. Jika menggunakan program CNC uji coba maka program harus dijalankan blok demi blok, kemudian ketika program memanggil pahat tertentu ke posisi tertentu, posisi pahat tersebut diukur. Jika menggunakan program CNC khusus untuk memanggil pahat, pada saat pahat tertentu digerakkan ke posisi permukaan tertentu, jarak permukaan pahat tersebut diukur, jika tidak sesuai dengan jarak yang diminta, maka data kompensasi pahat perlu dibetulkan.

d)   Uji kualitas program
Uji kualitas program dilakukan dengan menjalankan program pada mesin dengan standar dan persyaratan kerja tertentu yang ditetapkan, seperti pemasangan benda kerja, pengesetan titik nol mesin, dan sebagainya. Uji kualitas program dilaksanakan setelah uji jalan program, uji lintasan pahat, dan uji konpensasi pahat dilakukan.
Kualitas program dilihat dari dua segi, yaitu:
(1) Teknis
Kualitas teknis artinya bahwa program disusun dengan data teknologi pemesinan sesuai ketentuan, dan kualitas produk yang dihasilkan sesuai standar yang diminta.
(2)  Ekonomis
Kualitas ekonomis artinya bahwa program tersebut dapat menghasilkan produk dengan kualitas standar dengan biaya minimal, misalnya jumlah produk yang dihasilkan per satuan waktu dan per satuan pahat/alat potong lebih banyak.
e) Analisis kesalahan produk
Analisis kesalahan perlu dilakukan apabila terjadi penyimpangan kualitas produk dari standar yang ditetapkan. Analisis dilakukan terhadap:
(1) Kesalahan dimensi dan penyebabnya
(2) Kesalahan posisi dan penyebabnya
(3) Kesalahan kualitas permukaan dan penyebabnya.
Uji Coba Program CNC      Uji Coba Program CNC Reviewed by dpy on February 08, 2018 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.