Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Freis CNC



  •   Pengesetan perkakas offsset  pisau freis

Mengeset pisau (tool offset) untuk mendapatkan data kompensasi panjang pisau dilakukan dengan menyentuhkan permukaan ujung pisau freis pada suatu bidang. Sebagai bidang sentuh dapat dipilih :
a)   Permukaan benda kerja.

         b)  Bidang tertentu dari jam ukur (dial indikator)




Permukaan benda kerja yang digores, dan bidang atau titik pada dial indikator saat jarum ukur menunjuk angka nol disebut sebagai bidang atau titik referensi.
Benda kerja dan dial indikator merupakan perkakas offset pisau freis, dan keduanya dipasang pada meja mesin freis atau pada ragum freis.

  • Data kompensasi panjang pisau 
Untuk mendapatkan data kompensasi panjang pisau, semua pisau yang akan digunakan disentuhkan dengan bidang referensi atau titik tersebut.Salah satu pisau yang dijadikan pisau referensi, pada saat ujungnya bersentuhan dengan bidang/titik referensi angka penunjukan harga Z diatur agar menjadi 0 (nol), sedangkan penujukan harga Z pada pisau selain pisau referensi, angkanya dicatat.Angka penunjukan harga Z setiap pisau saat disentuhkan dengan bidang referensi, adalah data kompensasi panjang untuk pisau bersangkutan. Nilai kompensasi panjang pisau harus dicantumkan dalam data teknis pisau Hz, yaitu data pisau yang menunjukkan selisih panjang antara pisau bersangkutan dengan pisau referensi. 

Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Freis CNC Mengatur Offset Perkakas Potong pada Mesin Freis CNC Reviewed by dpy on February 07, 2018 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.