Manajemen Diklat - BAB1


BAB I

PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG

Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 41 Tahun 2008 mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pengembangan keteknikan. Dengan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 224/KEP/2009 maka BLPT Yogyakarta berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) secara bertahap.

Sebagai BLUD, BLPT mempunyai kewajiban untuk meningkatkan pelayanan pendidikan. Dalam rangka pelayanan pendidikan tersebut BLPT memiliki dua kegiatan yaitu peningkatan pelayanan pendidikan dan pendukung pelayanan pendidikan. Kegiatan peningkatan pelayanan pendidikan meliputi: pendidikan dan latihan berbasis kurikulum, pendidikan dan latihan berbasis kompetensi, pendidikan berbasis produksi/Production Based Education (PBE),  menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP BNSP dan menjadi Unit Pelaksana Sertifikasi Badan Sertifikasi Kompetensi (UPS BSK) LPJK. Sedangkan  dalam kegiatan pendukung pelayanan pendidikan memiliki kegiatan antara lain Unit Produksi dan Jasa (Bidang Mesin, Elektro dan Informatika, Sipil dan Furniture, serta Otomotif), Jasa Asrama, Sewa Ruang/Gedung, Jasa Bengkel Otomotif, dan Jasa Sewa Peralatan/Laboratorium. Kegiatan tersebut semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang merupakan tugas pokok BLPT Yogyakarta.

Tantangan dunia pendidikan khususnya pendidikan keteknikan pada era informasi dan globalisasi ini cukup berat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat sehingga dunia pendidikan sulit megikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, antara dunia pendidikan dan dunia usaha/industri ada kesenjangan yang cukup jauh sehingga kompetensi lulusan akan ketinggalan dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Keterbatasan ketersediaan lapangan kerja juga merupakan tantangan bagi dunia pendidikan, sehingga keterserapan lulusan menjadi kendala yang harus dicarikan solusi. Salah satu solusinya yaitu pembekalan peserta diklat agar mampu berwirausaha berbekal ilmu yang diperoleh untuk menciptakan lapangan kerja.

Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut di atas maka BLPT Yogyakarta akan selalu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dengan mencoba menyeimbangkan empat perspektif yaitu Keuangan, Pembelajaran dan Pertumbuhan Organisasi, Internal Proses, dan Pelanggan. Berdasarkan perspektif keuangan BLPT memiliki tujuan untuk  meningkatkan efisiensi dan efektifitas keuangan yang bersumber dari dana APBD dan masyarakat untuk pembelajaran dan pertumbuhan organisasi. Pembelajaran dan pertumbuhan organisasi dilakukan dengan tiga sasaran yaitu meningkatkan saranan dan prasarana, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan penguatan organisasi, serta meningkatkan manajemen layanan. Dengan ketiga sasaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan perspektif internal proses. Dari sisi internal proses ada tiga sasaran yang akan dicapai yaitu meningkatkan layanan pendidikan dan pendukung pendidikan, meningkatkan pengelolaan keuangan dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD, serta meningkatkan mutu pelayanan dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Dengan optimalisasi ketiga perspektif tersebut maka BLPT Yogyakarta akan dapat mencapai sasaran utama yakni perspektif pelanggan,  Dari sisi perspektif pelanggan BLPT Yogyakarta akan berupaya agar kualitas kompetensi lulusan semakin relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri serta masyarakat.

Dengan pola pelayanan tersebut, BLPT Yogyakarta berharap agar dapat melayani Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Teknologi Industri, SMU/MAN, Perguruan Tinggi, Karyawan, Dunia Usaha/Dunia Industri, serta masyarakat umum dengan sebaik-baiknya.



B.     RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1.      Bagaimana kurikulum yang digunakan oleh BLPT untuk menyelenggarakan Diklat?

2.      Apa saja jenis kegiatan yang diselenggarakan oleh BLPT?

3.      Siapa saja yang terlibat dalam Diklat diselenggarakan oleh BLPT?

4.      Bagaimana proses pelaksanaan Diklat yang diselenggarakan oleh BLPT?



C.    TUJUAN DAN MANFAAT

§  Adapun tujuan dari laporan ini diantaranya :

1)        Mengembangkan Kemampuan dan wawasan mengenai pendidikan dan pelatihan.

2)        Memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Manajemen Diklat, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.

§  Selain itu manfaat dari laporan ini diantararanya :

1)        Meningkatkan kompetensi dalam bidang manajemen pelatihan dan pengembangan

2)        Melatih keahlian untuk terampil dalam mengelola suatu Diklat



D.    METODE PENGAMATAN

Metode yang digunakan adalah obseravsi ke BLPT dan wawancara dengan salah satu karyawan di bagian humas dan SDM.


Manajemen Diklat - BAB1 Manajemen Diklat - BAB1 Reviewed by dpy on April 23, 2020 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.