Proposal Bisnis BAB 1


BAB I

PENDAHULUAN









A.    PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Di daerah sekitar universitas atau tempat kuliahDi daerah sekitar universitas atau tempat kuliah sejenisnya banyak terdapat kos-kosan untuk para mahasiswa yang datang dari luar daerah, terutama di kota pelajar yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan sangat tidak mungkin apabila mahasiswa tersebut membawa mesin cuci dari rumahnya untuk mencuci pakaian. Biasanya, ia hanya membawa ember untuk mencuci pakaian secara ‘manual’. Namun, mahasiswa semester pertengahan biasanya kesibukannya lebih meningkat dari biasanya sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaian. Bahkan, mahasiswa yang tidak sibuk pun terkadang ada yang lebih memilih laundry daripada harus mencuci pakaian sendiri

Oleh karena itu kami berniat merintis usaha laundry yang lain dari pada yang lain, dimana kami mengusung laundry yang bertemakan mahasiswa, yaitu sebuah layanan jasa pencucian pakaian yang menyesuaikan harga dengan kantong mahasiswa tanpa mengurangi sedikitpun kepuasan dan kualitas. Sistem pemangkasan harga tersebut adalah sesuatu yang tidak mustahil selama keuntungan yang didapatkan adalah keuntungan relative dan sifatnya kontinyu untuk kelangsungan usaha ini.



2.      Tujuan

Tujuan didirikan usaha Laundry

a.       Memberikan manfaat dari usaha laundry ini kepada konsumen

b.      Terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya tempat penunjang kebutuhan sehari-hari seperti usaha laundry ini.

c.       Memasarkan usaha laundry ini sebaik mungkin.



3.      Data

a.       Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci

b.      Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.



4.      Fakta

a.       Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry

b.      Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat



B.     RINGKASAN

1.      Produk

Bisnis laundry merupakan bisnis yang mengandalkan jasa, sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini.



2.      Keunggulan

a.       Dapat mencuci kilat hingga 6 jam sudah jadi

b.      Terdapat layanan antar jemput

c.       Pakaian yang di cuci sangat wangi dan pewangi tidak mudah hilang

d.      Harga menyesuaikan dengan kantong mahasiswa

e.       Promosi berkala dari “DPY’S LAUNDRY”

f.        Kami memberikan garansi pencucian jika hasil cucian kurang rapi dan atau kurang bersih akan kami proses kembali secara gratis dengan syarat & ketentuan

g.      Mesin yang kami gunakan merupakan tekhnologi terbaru dikelasnya.

h.      Cucian hilang dan atau rusak akibat dari pihak laundry atau akibat proses cuci maka akan kami ganti lima kali dari ongkos cucinya dan atau sesuai dengan kondisi yang akan kami tempuh kemudian.





C.    TENTANG USAHA LAUNDRY

1.      Gambaran Trend Bisnis

Yang menjadikan laundry kiloan ini special ialah harga jual jasa yang terjangkau, kualitas baik, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak dicampur), layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang digunakan sesuai selera, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan layanan cuci kilat hanya 6 jam sudah jadi.



2.      Pemasaran

Wilayah pemasaran yang kami pilih adalah di sekitar kampus-kampus yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di dekat Kmpus Universitas negeri yogyakarta dan Universitas Gajah Mada, kami memilih wilayah tersebut didasari dengan meningkatnya permintaan pasar akan tempat-tempat jasa pencucuian pakaian seperti usaha laundry ini. Kami akan hadir sebagai sarana yang dapat mempermudah kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar khususnya mahasiswa. Namun tidak menutup kemungkinan apabila kelak usaha ini dapat berkembang dengan pesat, kami berniat untuk melebarkan sayap di lokasi-lokasi strategis lainnya.



3.      Pelanggan (konsumen)

Yang menjadi target market adalah masyarakat dan mahasiswa pondokan sekitar kawasan kampus kampus yang ada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di dekat Kmpus Universitas negeri yogyakarta dan Universitas Gajah Mada. Mengapa kami memilih target pemasaran tersebut karena menurut analisis pasar yang ada menunjukkan bahwa rata rata pelanggan yang berkunjung ke tempat layanan laundry adalah sebagian besar dari kalangan mahasiswa dan masyarakat(ibu rumah tangga) yang bertempat tinggal di sekitar kampus.







4.      Pesaing

Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas mencuci, kerapian, dan kebersihan pakaian. Kami menyadari bahwa usaha sejenis juga sudah cukup banyak di sekitar wilayah usaha, namun melihat keluhan keluhan dari konsumen akan pelayanan dan kepuasan yang diberikan maka kami melihat adanya peluang pasar dimana kami hadir sebagai usaha laundry yang memiliki nilai special seperti harga jual jasa yang terjangkau, kualitas baik, Proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak dicampur), layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang digunakan sesuai selera, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan layanan cuci kilat hanya 6 jam sudah jadi.



5.      Lokasi dan Ukuran Bisnis

Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, seperti didepan kompleks perumahan, didaerah asrama atau kost mahasiswa, atau berada dipinggir jalan utama. Dengan Luas ruang minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m, dengan asumsi kebutuhan ruang sebagai berikut:

- Ruang penerimaan pelanggan sekaligus ruang tunggu

- Ruang pencucian

- Ruang pengeringan

- Ruang setrika atau pengemasan

- Ruang administrasi



6.      Pegawai dan Perlengkapan yang diperlukan

Kami memiliki dua orang karyawan yang siap melayani, antara lain pengerjaan dan cotumer service dan driver. Adapun peralatan yang dibutuhkan yaiyu:

a.       2 unit Mesin Cuci kapasitas 10 Kg dan 15 Kg dilengkapi dengan Spin

b.      1 unit Mesin pengering / dryer kapasitas 12 Kg

c.       2 unit Setrika (setrika biasa dan setrika uap)

d.      1 unit Timbangan

e.       2 unit meja setrika

f.        1 unit rak pakaian 4 tingkat

g.      Chemical Laundry (deterjen, softener, parfume laundry, dll)

h.       Meja Frontline

i.        Keranjang Pakaian



D.    TUJUAN BISNIS DARI ASPEK WAKTU

1.      Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang dari Usaha Laundry adalah Menjadi salah satu usaha proffesional yang dikenal oleh banyak orang, memperluas usaha untuk beberapa daerah, memiliki penghasilan enam kali lipat dari awal peluncuran usaha.



2.      Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka menengah dari Laundry Meningkatkan pendapatan dari pelayanan dan Meningkatkan pendapatan dari jasa pencucian dan konsumen pendapatkan pelayanan yang baik.
Proposal Bisnis BAB 1 Proposal Bisnis BAB 1 Reviewed by dpy on April 18, 2020 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.