TA mesin hot press - kesimpulan dan saran


A.    Kesimpulan

Berdasarkan proses pengerjaan komponen shaft dan bushing pada hot press machine dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1.      Bahan untuk membuat shaft dan bushing mada mesin hot press yaitu St 37, Dimensi shaft Ø 48 mm x 650 mm, sedangkan dimensi bushing Ø 63 mm x 100 mm. Harga kekerasan bahan tersebut diketahui melalui pengujian kekerasan rockwell B  dengan menggunakan sistem alat uji Universal Hardness Tester Machine.

2.      Tahap untuk membuat shaft meliputi : identifikasi gambar kerja, persiapan alat dan bahan, pemotongan bahan, proses pembubutan (membubut muka, membubut rata, membubut ulir).

3.      Tahap untuk membuat bushing yaitu : identifikasi gambar kerja, persiapan alat dan bahan, pemotongan bahan, proses pembubutan (membubut muka, membubut rata, pengeboran). Waktu nyata untuk membuat shaft dan bushing dengan 4 komponen ialah 30 jam.

4.      Persiapan alat dan mesin yang digunakan untuk membuat Shaft dan bushing yaitu: mesin gergaji Great Captain dan mesin bubut marro -6va. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan yaitu: pahat, bor senter, jangka sorong, kunci chuck, senter putar, mistar gulung, kuas, mata bor, chuck bor, kunci pas mal ulir, kunci L, kuas, dan mistar gulung.

5.      Shaft atau poros transmisi mampu menahan beban tarik yang di timbulkan oleh hydraulic sedangkan bushing dapat menahan atau menumpu poros dengan baik dan mampu menahan beban tarik sebesar 2 ton





B.     Saran

1.      Pada poros (shaft) transmisi terdapat karat dikarenakan tidak melalui proses pelapisan, seharusnya poros diberi oli atau vaselin sebagai pelindung agar poros tidak berkarat.

2.      Panjang poros tidak sesuai. Dikarenakan keterbatasan alat ukur yang dapat mengukur dimensi lebih dari 600 mm dengan ketelitian 0,05. Namun dari ketidak sejajaran poros tidak berpengaruh kerja mesin.

3.      Agar tidak terjadi getraan pada mesin hot press yang ditimbulkan pada motor hydraulic  yang mempengaruhi kinerja sensor jarak dan elektronik pada panel kontrol maka elektronik di beri busa yang dapat meredam getar.

4.      Dimensi panel kontrol diganti dan di buat lebih besar sehingga mudah untuk perawatan pada panel kontrol
TA mesin hot press - kesimpulan dan saran TA mesin hot press - kesimpulan dan saran Reviewed by dpy on April 09, 2020 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.