Mengidentifikasi langkah-langkah operasional penuangan (pengecoran logam)


Untuk menentukan sampel pengujian atau pemeriksaan yang mewakili, maka kita perlu melihat proses sebelumnya. Untuk benda yang sejenis dengan proses dan prosedur yang sama, maka kita perlu melihat kapan benda itu dituang. Dalam hal ini untuk mengambil sampel maka kita ambil sampel dimana produk dituang pada saat awal, ditengah-tengah dan di akhir. Dengan demikian kita bisa melihat dan memprediksi karakteristik hasil penuangan dari awal hingga akhir penuangan.
Untuk produk yang dituang dengan macam-macam cetakan maka pengambilan sampel berdasarkan jenis cetakan yang dipakai. Dengan demikian kita dapat melihat karakteristik produk tuangan berdasarkan jenis cetakan. Untuk benda tuangan yang dituang dengan berlainan komposisi masukan bahan peleburan yang dimasukkan dalam dapur peleburan, maka pengambilan sampel berdasarkan komposi bahan masukan. Dari sini kita dapat melihat karakteristik benda tuang berdasarkan bahan masukan yang dilebur dalam dapur.
Dari uraian di atas maka untuk menentukan sampel digunakan untuk proses pengujian maka kita harus mempertimbangkan :
1.    Bahan masukan dalam dapur lebur.
2.    Proses peleburan
3.    Proses penuangan.
4.    Jenis cetakan
5.    Bahan tambah atau inokulan yang dimasukkan.
6.    Posisi pencetakan.
7.    Posisi saluran masuk dan saluran tambah.
8.    Ketebalan benda tuang.
Pertimbangan-pertimbangan diatas digunakan untuk melihat kembali bila pada proses pengujian atau pemeriksaan terjadi hal yang tidak diinginkan kita dapat memberikan saran berdasarkan data yang tepat.

Mengidentifikasi langkah-langkah operasional penuangan (pengecoran logam) Mengidentifikasi langkah-langkah operasional penuangan (pengecoran logam) Reviewed by dpy on June 23, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.