Prosedur Pengambilan Sampel (pengecoran logam)



Pada akhir penuangan benda tuang dibiarkan dingin hingga mencapai temperatur kamar. Kemudian dilakukan proses pembongkaran dan pembersihan. Benda tuang dibersihkan dari sisa-sisa pasir yang masih melekat. Pembersihan dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin.
          Saluran tuang dan saluran tambah dibuang dengan jalan dipatahkan atau dipotong dengan gas,  busur listrik atau secara mekanis. Permukaan benda tuang dilakukan penggerindaan hingga rata dan bersih dari sisa-sisa kelebihan penuangan. Kemudian dilanjutkan pada proses pemeriksaan.
          Proses pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan awal secara visual. Pemeriksaan ini hanya terbatas pada cacat yang dapat dilihat dengan mata. Untuk mengetahui cacat yang didalam kita memerlukan alat bantu yang lebih teliti seperti radio grapi, ultrasonic. Untuk mengetahui sifat mekanis maka dilakukan pemeriksaan seperti uji tarik, kekerasan, pukul takik, uji tekan, uji bending. Sedangkan untuk memeriksa struktur fasanya dilakukan pengujian metallograpi, Untuk mengetahui unsur kandungan dilakukan pengujian dengan alat unsure analyzer.
          Untuk melakukan pengujian secara visual kita dapat melakukan pada semua produk benda tuang, tetapi untuk menganalisa sifat mekanis, komposisi unsur dan metallograpi tidak bisa melakukan pada semua produk. Dalam hal ini kita melakukan pengujian hanya pada satu atau dua benda tuang.  Untuk itu kita perlu menentukan benda tuang yang dijadikan sampel pengujian dan pemeriksaan.
          Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan dan pengujian yang baik , maka proses pemilihan produk atau benda tuang harus diperhatikan. Hasil yang baik apabila hasil pengujian atau pemeriksaan mewakili dari semua produk pengecoran atau benda tuang yang dihasilkan. Untuk itu perlu jeli dalam mennentukan sampel untuk pengujian dan pemeriksaan.
Adapun tahapan pengambilan sampel adalah sebagai berikut :
1.     Mengidentifikasi langkah-langkah operasi.
2.     Menentukan posisi pengambilan sampel
3.      Menentukan jumlah, ukuran dan bentuk sampel.
Prosedur Pengambilan Sampel (pengecoran logam) Prosedur Pengambilan Sampel (pengecoran logam) Reviewed by dpy on June 22, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.