Pembuangan Sisa Bahan Logam Sesuai Prosedur Operasi (pengecoran logam)



Penggerindaan biasanya dipakai pada coran bagian luar, sirip-sirip, bagian yang tak terpakai dan yang terbakar. Ada beberapa macam gerinda yang dipakai yaitu : gerinda tangan, gerinda ayun, gerinda bangku dan mesin gerinda otomatik. Gerinda-gerinda tersebut dipakai disesuaikan dengan bentuk coran serta jenis dan banyaknya pekerjaan. Batu gerinda dipakai menurut kualitas bahan dari coran dan macam batu gerinda ditunjukkan pada tabel 2.

Tabel 2. Pemilihan batu gerinda untuk penggerindaan bebas


Gerinda tangan kecil digunakan untuk penyingkiran sirip tuang bagian dalam maupun penetrasi pasir/ logam. Umumnya gerinda tangan kecil dipakai untuk tuangan berukuran kecil. Benda tuang yang ukurannya besar dibersihkan dengan palu pemahat bertekanan udara. Palu pemahat ini lebih awet dibandingkan dengan batu gerinda.
Gambar 10. Palu pemahat dan beberapa mata pahat.
          Bagian luar tuangan terutama untuk tuangan besar dibersihkan dengan mesin gerinda tangan jenis radial, maupun vertikal. Jenis lain dari gerinda tangan vertikal adalah mesin ampelas tangan yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kasar pada tuangan.
          Beberapa mesin gerinda tangan radial jenis lain adalah mesin gerinda ayun yang digunakan untuk membersihkan permukaan luar tuangan berukuran besar dan gerinda bangku untuk membersihkan permukaan luar tuangan berukuran kecil.

Pada pekerjaan penyelesaian besi cor dipergunakan pencukilan busur listrik atau pencukilan nyala api. Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dipakai. Cara kerjanya adalah meniupkan udara pada logam dengan tekanan 5 – 7 kgf/ cm2. Selain udara tekan dipergunakan juga oksigen untuk meniup, tetapi jenis ini memberikan pengaruh oksidasi yang kuat. Kedua cara tersebut memungkinkan untuk membuang satu lapisan tipis yang tebalnya tetap, dan dekat pada permukaan logam, serta memberi bekas pengerjaan yang halus pada permukaan.
          Pencukilan nyala api dapat dipasang pada mesin pemotong gas dan pencungkilan dilakukan dengan memperbesar aliran oksigen pada tekanan yang relatif rendah. Dengan mempergunakan lampu yang mempunyai bentuk tertentu dan dengan mengatur tekanan serta jumlah aliran gas oksigen, memungkinkan untuk bisa membuat alur pada permukaan baja. Lampu pencukil ditunjukkan pada gambar 18.
Gambar 15. Penyelesaian dengan lampu pencukil
Pembuangan Sisa Bahan Logam Sesuai Prosedur Operasi (pengecoran logam) Pembuangan Sisa Bahan Logam Sesuai Prosedur Operasi (pengecoran logam) Reviewed by dpy on June 21, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.