cara Melengkungkan Plat Tipis


Melengkungkan plat tipis dapat menggunakan mesin rol dengan penggerak manual. Karena platnya tipis maka tenaga yang dibutuhkan cukup dari tenaga manusia. Gambar12, menunjukan mesin rol untuk plat tipis.

Gambar 12.  Mesin Rol Plat

Cara mengerol plat tipis sebagai berikut:
(a)  Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
(b)  Ukur panjang bahan yang diperlukan, sesuaikan dengan diameter benda kerja yang dibuat. Jika panjang bahan  ( keliling lingkaran) = L,  Dn= diameter netral,  D = diameter luar dan t = tebal plat.    Maka panjang bahan yang diperlukan adalah L= 3,14 x Dn  tambah untuk sambungan lipat.  Ukuran Dn <  D. Untuk plat tipis  dengan tebal kurang dari 1 mm, dapat dipakai Dn = D-t.   Untuk plat tebal harus dicari kedudukan garis netralnya.
(c)  Buat lengkungan pada kedua ujung plat seperti Gambar 13, lalu cek radiusnya sama dengan radius benda kerja yang akan dibuat.
(d)  Masukan plat kemesin rol, dan stel tekanan rol.
(e)  Pengerolan dimulai secara bertahap. Pengerolan dimulai dari salah satu ujung plat. Pengerolan dihentikan jika kedua ujung akan bertemu sekitar 10 hingga 20 mm.
(f)   Keluarkan benda kerja dari mesin rol.
(g)  Langkah selanjutnya lakukan penyambungan plat.
Catatan, ketika melakukan pengerolan,  perhatikan tangan anda jangan sampai memegang benda kerja terlalu dekat dengan rol yang sedang berputar. 

cara Melengkungkan Plat Tipis cara Melengkungkan Plat Tipis Reviewed by dpy on April 02, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.