cara melengkukan plat tebal



Melengkungkan plat yang tebal umumnya menggunakan mesin rol yang digerakan dengan motor listrik, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 15. Sebelum menggunakan alat ini untuk mengerol, maka peserta diklat terlebih dahulu harus mengetahui fungsi dari tiap-tiap komponen alat rol tersebut dan sudah pernah mengoperasikan alat ini dengan benar.


 
Langka Kerja Pengerolan Plat Tebal  sama dengan mengerol plat tipis. Bedanya terletak pada:
(a)     Menentukan panjang benda kerja. Didepan telah dibicarakan bahwa untuk plat yang tipis letak garis netral dianggap ditengah-tengah tebal plat.  Hal tersebut berbeda dengan plat yang tebal, maka harus dicari garis netralnya terlebih dahulu. Letak garis netral plat yang tebal tidak tepat berada ditengah antara tebal plat, akan tetapi melebihi antara tengah-tengah plat. Secara tepatnya dihitung menggunakan cara mekanika teknik, tetapi disini diberi ilustrasi tentang kedudukan garis netral tersebut. Kedudukan diameter netralnya dicari terlebih dahulu dengan cara: Dn = D - (> t),  misalnya, (> t) = 1,2 t,  maka  Dn = D – 1,2 t, Sehingga untuk menghitung panjang plat yang dibutuhkan menjadi:  L = 3,14 x (D – 1,2 t).
Garis netral menentukan sekali panjang bahan agar diameter lingkaran yang dibentuk tepat ukurannya. Jika tidak tepat hasil hitungannya tentu ukuran diameter lingkaran tidak sesuai dengan yang dikehendaki.
Plat yang tipis biasanya penyambungan kedua ujungnya menggunakan sambungan lipatan, sehingga selain hitungan tersebut diatas juga perlu ditambah dengan panjang untuk sambungan lipatan.





Untuk plat tebal penyambungannya dengan las, maka panjang plat tidak ditambah.

(b)     Membuat lengkungan pada kedua ujung plat menggunakan mesin pres seperti ditunjukan pada Gambar 16 (jika menggunakan mesin rol dengan 3 buah rol penekan). Tetapi kalau menggunakan mesin rol menggunakan 4 buah rol penekan tidak perlu melengkungkan kedua ujung plat, lihat  Gambar 17.
Tenaga pemutar rol dengan motor listrik, dapat digerakan secara bertahap dan lambat, sehingga dapat membentuk lingkaran yang baik.
cara melengkukan plat tebal cara melengkukan plat tebal Reviewed by dpy on April 02, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.