Pembentukan logam panas



          Pembentukan panas umumnya dilakukan dengan cara penempaan, karena penempaan telah dibahas pada modul tersendiri, maka pada modul ini hanya sebagai pelengkap untuk pembentukan bentuk tertentu.
                   Pembentukan cara panas ditujukan pada material yang ukuran ketebalannya atau diameternya besar. Untuk mempermudah pembentukan material ini dipanaskan 900  hingga 1000 OC kemudian dibentuk di atas landasan yang telah dipersiapkan. Dengan memberikan gaya pukulan yang tidak terlalu besar, maka material telah terbentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Gambar 7, memperliahatkan proses material pejal dibentuk hingga membentuk siku. Dan Gambar 8, menunjukan proses pembentukan material bulat, dibentuk  ujungnya  menjadi lingkaran.

          Pembentukan dengan cara panas khususnya untuk material yang ukurannya besar. Peralatan yang dapat digunakan untuk pembentukan panas lebih sulit diperoleh dari pada peralatan pembentukan dingin. Jika produk dibuat dalam jumlah besar, maka akan lebih menguntungkan jika menggunakan cetakan.  Cetakan dapat juga berupa jig, untuk bentuk-bentuk produk sederhana cetakan atau jig ini dapat dibuat sendiri sebagai langkah persiapan.
Pembentukan logam panas Pembentukan logam panas Reviewed by dpy on April 02, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.