Pembentukan logam Dingin dengan Manual



 Pembentukan mild steel lembaran menjadi suatu produk dengan memanfaatkan sifat mampu dibentuk, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memukul menggunakan palu lunak (bossing malet). Plat mild steel tersebut sebelumnya telah dipotong bentuk lingkaran, lalu pembentukannya dipasang di atas landasan cetak lalu dipukul dengan palu secara bertahap hingga plat tersebut berbentuk mangkuk. Proses tersebut seperti diperlihatkan pada dibawah.
Langkah kerja yang perlu diperhatikan adalah:
§  Siapkan alat dan bahan
§  Potong plat sesuai ukuran yang dibutuhkan
§  Pasang benda kerja di atas  landasan
§  Pembentukan awal.
Pembentukan menggunakan  pukulan, yaitu menggunakan palu mallet dan pukulan dimulai dari ujung plat. Pemukulan dilakukan secara bertahap dan rata keseluruhan lingkaran ujung dari plat tersebut. Lakukan pemukulan hingga benda kerja berbentuk mangkuk.
§  Menghaluskan permukaan benda kerja.
Cara yang digunakan menghaluskan permukaan, yaitu benda kerja dipasang pada landasan yang berbentuk setengah bola, lalu diratakan dengan pukulan ringan.
 

Alat pembentuk manual yang diperlukan pada pembuatan mangkuk tersebut adalah landasan yang mempunyai sisi dalam beradius, palu besi, dan palu perata. Peralatan tersebut ditunjukan pada Gambar berikut.

Pembentukan logam Dingin dengan Manual Pembentukan logam Dingin dengan Manual Reviewed by dpy on April 02, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.