mesin pembuat cetakan (pengecoran logam)



Dalam produksi masal, pembuatan cetakan mempergunakan mesin akan efisien dan menjamin produksi cetakan yang baik serta hasil yang seragam. Laju produksi tinggi, karena pembuatan cetakan menggunakan mesin sehingga mengurangi pemakaian tenaga manusia secara manual, menghemat waktu pengerjaan dan pada gilirannya biaya produksi menjadi murah.
Mesin pembuat cetakan dipilih dengan memperhatikan ukuran, bentuk, berat, jumlah produksi coran dan sebagainya. Untuk coran kecil dipakai mesin pembuat cetakan kecil dan untuk coran berukuran besar dipakai mesin pembuat cetakan besar. Walaupun demikian, kadang-kadang mesin besar dipakai untuk coran kecil dengan membuat cetakan kecil dalam jumlah banyak dalam satu rangka cetakan secara bersama-sama.

(1)   Mesin pembuat cetakan.
Terdapat sejumlah mesin pembuat cetakan dan inti, antar lain: mesin pendesak, mesin pengguncang, mesin guncang-desak, mesin tekanan tinggi, mesin desak tiup, pelempar pasir.
§  Mesin Pendesak
Prinsip utama mesin adalah menekan pasir cetak di dalam rangka cetak. Keuntungan mesin ini adalah pada umumnya mesin bekerja tanpa menimbulkan suara bising. Sedang kekurangannya adalah: karena pengepresan dilakukan dari permukaan atas pasir cetakan, maka bagian yang menjadi paling padat adalah pada permukaan dan kepadatan semakin berkurang kearah pola. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan cara seperti gambar berikut ini:
 Dengan cara demikian pasir yang berada di dekat pola menjadi lebih padat.
Mekanisme pendesakan pada mesin dapat menggunakan sistem mekanis, sistem hidrolis yang menghasilkan tekanan tinggi, sistem vakum, dan peniupan udara
§  Mesin Pengguncang
Keuntungan teknik ini adalah pasir cetakan mencapai kepadatan maksimum di sekitar pola, tetapi bagian pasir yang jauh dari pola kekerasannya kurang. Selain itu, mesin menimbulkan suara bising dan banyak kerusakan pada pola akibat guncangan.
§  Mesin Guncang-Desak
Mesin ini mengkombinasikan guncangan dan desakan pada pembuatan cetakan pasir. Jika kedalaman rangka cetak tidak terlalu besar, kup dan drag dapat dibuat secara bersamaan.


§  Mesin Pelempar Pasir
Pada mesin ini pasir cetak diisikan ke dalam rangka cetak dengan cara dihempaskan oleh sudu-sudu yang berputar cepat menggunakan roda pelempar. Hempasan secara bertumpuk-tumpuk akan menghasilkan kepadatan yang baik di sekitar pola dan juga pada seluruh cetakan. 
Untuk pola yang agak rumit, seperti pola dengan lekukan atau berprofil, diperlukan pemadatan dengan tangan pada bagian-bagian tersebut untuk memperoleh pemadatan yang sempurna.

mesin pembuat cetakan (pengecoran logam) mesin pembuat cetakan (pengecoran logam) Reviewed by dpy on April 24, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.