Pemisahan Benda Tuang dari Cetakan (pengecoran logam)



Pasir cetak digunakan pada logam cor dengan dibentuk pada bingkai  kayu  yang disebut cetakan. Pada aplikasi sering digunakan 2 buah cetakan kayu yang dipakai bersamaan dan diikat dengan pin . Kedua cetakan di pisahkan proses persiapan cetakan dan kemudian diletakkan menjadi kesatuan untuk membentuk logam cor yang sesuai dengan bentuk cetakan yang diharapkan. Cetakan secara umum terdiri dari 2 buah bingkai kayu, dengan bingkai bagian atas disebut cope dan bagian bawah disebut drag (gambar 1). Kedua bingkai di ikat oleh pin. Pin pengikat terdiri dari beberapa tipe antara lain tipe lingkaran (round), half round, double round,vee shaped, dan triple vee shaped. 
          Pekerjaan pembersihan adalah pengerjaan lanjut dari pengecoran dimana tuangan pada akhirnya harus bebas dari pasir cetakan, sistem penuangan dan penambah, sirip tuangan dan bagian lain yang tidak dikehendaki. Proses pembersihan ini meliputi beberapa pekerjaan antara lain pembongkaran, penyemprotan dan penyelesaian.
          Proses pembongkaran merupakan proses pengambilan coran dari pasir cetak dan cetakan. Proses ini tergantung pada macam dan cara pembuatan cetakan, antara lain :

1.   Memakai drag dengan rusuk
        Tipe pengecoran drag dan cope dengan memakai rusuk banyak digunakan. Rusuk-rusuk di hubungkan membentuk persegi empat atau bujur sangkar dan diikat dengan pin-pin. Tujuan memakai rusuk ini jika pengecoran sudah selesai, pembongkaran lebih mudah dilakukan.
        Sebelum dilakukan pembongkaran dan pemisahan coran, antara kup dan drag harus dipisahkan dulu dengan membuka pin pengikat kup dan drag. Kup diangkat, bila coran terangkat bersamaan kup, rusuk-rusuk pada bingkai di lepas dan dibawa ke mesin pembongkar atau dipukul sehingga pasir yang melekat pada coran dan kup terlepas. Bila coran ditinggal didalam drag, kup diangkat dan coran langsung diangkat keluar atau dengan membalik drag atau membuka rusuk-rusuk bingkai drag.

2.   Memakai drag tanpa rusuk
Tipe ini digunakan pengecoran benda-benda tertentu. Metode pembongkaran drag dan cope lebih sederhana, namun kemungkinan bingkai menjadi rusak lebih besar dari tipe rusuk. Untuk memisahkan benda coran, tanpa terlebih dahulu memisahkan kup dan drag, cetakan dan coran bisa langsung didorong bersama pasir diatas mesin pembongkar, atau bisa dipisahkan cope dan drag kemudian dipisahkan pasirnya dengan dipukul atau dengan mesin pembongkar.
3.   Tidak memakai rangka cetak
Rangka cetak tidak harus dipakai pada proses pengecoran logam. Rangka cetak dapat digantikan bila menggunakan mesin cetak dan mesin inti. Bila pengecoran dilakukan tanpa rangka cetak, penyingkiran pasir dilakukan langsung dengan meletakkan coran dan cetakan diatas mesin pembongkar.
         

Pembongkaran adalah pekerjaan pembebasan tuangan dari cetakannya terutama pasir cetak. Alat-alat yang digunakan sebagai pembongkar biasanya tipe penggetar yang dipakai untuk menggantikan cara lama dengan membebaskan tuangan dari pasir cetak dilakukan pemukulan pada rangka cetaknya.
1.    Tipe penggetar tempel
       Tipe ini alat hanya sekedar ditempel pada rangka cetak kemudian bergetar secaraelektrik maupun hidrolik.


2.    Tipe meja penggetar
     Meja penggetar bekerja lebih praktis dari penggetar tempel, dimana cetakan hanya diletakkan diatasnya dan digetarkan. Pasir akan rontok, menembus lubang pada lantai penggetar dan dengan ban berjalan dikirim kembali kemesin pendaur ulang. Gerak penggetar dihasilkan dari motor listrik.
Pemisahan Benda Tuang dari Cetakan (pengecoran logam) Pemisahan Benda Tuang dari Cetakan (pengecoran logam) Reviewed by dpy on April 25, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.