persiapan pengeluaran muatan campuran pasir cetak (pengecoran logam)



Ada 2 jenis alat mixer yang biasa dipergunakan untuk pencampuran pasir cetak. Pelajari kembali jenis-jenis alat mixer yang sering digunakan pada uraian materi 1 dan 2 diatas.
Gambar konstruksi masing-masing tipe batch mixer dan continuous mixer dapat dilihat pada Gambar 5 dan 6 uraian materi 2 diatas. Sedang untuk tipe high speed mixer lihat seperti Gambar 15 di bawah ini.
Perbedaan pokok antara tipe batch mixer dan continuous mixer serta tipe high speed mixer terletak pada konstruksi dan cara kerjanya. Pada tipe batch mixer, memiliki satu pintu keluar, dan dua rol penggiling yang berputar diatas dasar dalam bak baja berbentuk silinder, agar bahan baku pasir dan bahan pengikat tambahan dapat bercampur dengan merata pada putaran rol lambat antara 40 – 60 Rpm.  Sedang pada tipe continuous mixer yaitu memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar, juga dua pasang rol yang berputar dengan arah berlawanan pada jarak simpangan jarak dekat sehingga bahan baku pasir dan bahan pengikat tambahan yang tergiling oleh rol pertama akan mengalir ke arah rol kedua untuk menggilas kembali sampai merata kemudian keluar melalui pintu keluar. Pada tipe high speed mixer, sebagai unit alat persiapan pasir kecepatan tinggi (disebut Speedmullor) selain bekerja sebagai penggiling dan pengaduk pasir juga sekaligus sebagai pendingin pasir panas dengan udara sirkulasi cepat. Pada kecepatan tinggi sirkulasi pencampuran dibutuhkan waktu antara 60 – 90 detik.

 

                                           Gambar 15 :  Tipe High Speed Mixer
                                               (Tata S. & Kenji C, 2000:116)

Tiap tipe alat mixer biasanya dilengkapi petunjuk operasi dari Work Instruction. Oleh karenanya perlu dipelajari masing-masing untuk persiapan kerja pencampuran atau pengeluaran pasir cetak.
Proses pengeluaran campuran pasir cetak dari mixer biasanya mengikuti keperluan persiapan proses pembuatan cetakan pasir. Jarak waktu pengeluaran pasir cetak dengan proses pembuatan cetakan tidak boleh terlalu lama yang akan menyebabkan kelembaban plastisitas pasir berkurang. Cara pengeluaran pasir cetak dilakukan secara menerus dari mixer, selanjutnya pasir dipindahkan dan ditampung pada suatu tempat yang berdekatan dengan lokasi penuangan.
persiapan pengeluaran muatan campuran pasir cetak (pengecoran logam) persiapan pengeluaran muatan campuran pasir cetak (pengecoran logam) Reviewed by dpy on April 09, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.