SOP mematikan mixer dan membersihkan mixer (pengecoran logam)



Setelah seluruh bahan capuran pasir cetak dikeluarkan dari mixer perlu dilakukan proses pembersihan pada mixer yang telah digunakan. Pada mixer yang selesai dipergunakan harus segera dilakukan pembersihan. Hal ini penting agar kotoran sisa-sisa bahan pasir tidak melekat dan mengeras pada dinding tabung tempat penampung dan mencampur pasir. Proses pembersihan biasanya hanya menggunakan media air tawar, dan atau dicampur dengan media larutan soda koustik konsentrasi 0,1 % dengan cara di semprotkan pada bagian-bagian yang penting saja.
Bagian-bagian mixer yang penting untuk dibersihkan antara lain bagian yang berhubungan dengan tempat menggiling dan mencampur bahan pasir, yang terdiri dari diding dalam dan dasar tabung tempar pencampur serta bagian rol-rol penggiling. Sedang bagian lainnya yang diluar mixer seperti diding luar tabung pencampur sifat pembersihannya sekunder/kurang penting.
Prosedur melakukan proses pembersihan terhadap mixer yang digunakan dapat mengikuti petunjuk operasi mixer dengan langkah-langkah yang aman, mulai dari mengisi atau menyemprotkan air tawar, atau dicampur dengan media pembersih dalam jumlah cukup sampai seluruh kotoran yang melekat dapat melepaskan diri. Jika sulit dapat menggunakan alat bantu seperti batang/pelat pembersih dari bahan logam baja. Langkah terakhir perlu pembilasan dengan air tawar, kemudian seluruh bagian yang telah bersih dikeringkan dengan semprotan udara tekan kompresor, atau pakai kain pengering, agar bagian komponen yang dibersihkan tidak berkarat.
SOP mematikan mixer dan membersihkan mixer (pengecoran logam) SOP mematikan mixer dan membersihkan mixer (pengecoran logam) Reviewed by dpy on April 24, 2016 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.