alat ukur micrometer

Micrometer adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian yang tinggi mencapai 0.01 mm.  Jarak pergerakan spindel biasanya tidak lebih dari 25 mm, ini untuk mengurangi kesalahan kumulatif dari kisar ulir nya. Ada beberapa jenis micrometer sesuai dengan fungsinya. Kaliber micrometer dalam (inside micrometer Caliper) digunakan untuk mengukur ukuran bagian dalam yang kecil, seperti lubang kecil atau slot yang sempit. Sedangkan Inside Micrometer (berbeda dengan inside micrometer caliper) merupakan alat ukur lubang dengan dilengkapi batang melintang untuk mengukur diameter lubang. Dalam mengukur lubang, terdapat kesulitan bila dilakukan hanya dengan dua titik kontak. Karena kemungkinan yang terukur bukannya diameter lubang melainkan hanya panjang tali busur.  Untuk itu digunakan alat ukur Intrimik, yang menggunakan tiga titik kontak. Intrimik mempunyai kepala ukur dengan tiga titik kontak dengan jarak sudut masing-masing 120°. Tiga titik kontak ini memungkinkan alat ini berada pada pusat dengan sendirinya. 

Micrometer pengukur kedalaman (micrometer depth gage)  digunakan untuk mengukur kedalaman dari lubang tidak tembus dan slot. Terdiri dari alas yang rata yang dipasang pada sarung (sleeve) micrometer.  Sebuah poros ekstensi dengan panjang yang diperlukan digunakan untuk mengukur kedalaman lubang.
Screw Thread Micrometer digunakan untuk mengukur diameter pitch dari suatu ulir. Micrometer ulir sekrup dengan satuan metris dibatasi pada daerah pengukuran tertentu, yaitu:    0-25 mm,     25-50 mm, 50-75 mm, dan 75-100 mm.
alat ukur micrometer alat ukur micrometer Reviewed by dpy on March 31, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.