Macam-macam mata bor dan sarung tirus

Mata bor yang digunakan pada mesin bor disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan. Secara umum terdapat twist drill, bor senter, reamer untuk melebarkan lubang sampai ukuran yang teliti, konterbor (counterbore), kontersing (countersink), spot face, boring dan tap. 

Pemegang mata bor menyesuaikan dengan bentuk dari tangkai mata bor. Mata bor dengan tangkai lurus biasanya berdiameter kecil (kurang dari ½”), digunakan pada mesin bor yang dapat dipindah-pindahkan. Mata bor bertangkai tirus dijepit dengan menggunakan alat pemegang yang mempunyai lubang tirus dan dimasukkan langsung ke dalam poros mesin bor. Alat pemegang ini akan terletak segaris dengan sumbu poros pada mesin bor. Apabila lubang pada poros spindle terlalu besar untuk tangkai tirus, digunakan suatu sarung. Namun apabila lubang spindle ini terlalu sempit, digunakan soket untuk menempatkan mata bor, kemudian soket ini dijepit pada poros spindle.
 
Benda kerja yang dikerjakan dengan mesin bor perlu dijepit dan didukung oleh alat pemegang yang benar, dengan cara yang tepat pula. Benda kerja yang tidak dicekam dengan baik pada alat penjepit dapat mengakibatkan kecelakaan kerja dan memberikan hasil akhir komponen yang buruk dan tidak memenuhi standar. 

Macam-macam mata bor dan sarung tirus Macam-macam mata bor dan sarung tirus Reviewed by dpy on March 31, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.