macam-macam peralatan clamp (penjepit)

Beberapa alat yang digunakan untuk menjepit benda kerja pada mesin bor adalah:
1.    Ragum (vise)
Ragum digunakan pada meja mesin bor untuk memegang dan mendukung benda kerja yang akan dibor.


2.    Paralel
Paralel adalah sepasang batang lurus yang dikerjakan dengan pemesinan presisi. Paralel digunakan untuk menaikkan benda kerja sehingga operator dapat membuat lubang bor menembus benda kerja tanpa menimbulkan kerusakan/cacat pada ragum atau meja mesin bor. Paralel harus diletakkan sedemikian rupa sehingga tidak ketika dilakukan pengeboran menembus benda kerja, mata bor tidak merusak paralel tersebut.
3.    Pelat siku (angle plate)
Pelat siku banyak digunakan untuk memegang benda kerja. Alat ini dilengkapi dengan lubang-lubang alur paralel untuk menempatkan baut T.
4.    Baut-T (T-bolts)
Meja mesin bor pada umumnya telah dilengkapi dengan alur T (T-slots) sehingga Baut T akan dapat dimasukkan untuk mengencangkan benda kerja atau alat pemegang benda kerja pada meja (contohnya ragum). Baut T harus mempunyai kepala baut yang kuat yang dapat dipasang pas dengan alur T pada meja.
5.    Blok Bertingkat (Step Block)
Untuk dapat memegang dengan benar bentuk tertentu dari benda kerja, terkadang digunakan Blok Bertingkat yang digabung dengan pelat pita (strap).
6.    Ulir sekrup Jack (Jackscrew)
Ulir sekrup Jack adalah alat pendukung benda yang dapat disetel dan berfungsi layaknya dongkrak. Digunakan apabila memerlukan banyak penyetelan yang berbeda-beda pada mesin bor.
7.    Blok V (V-Block)
Blok V digunakan untuk memegang benda kerja berbentuk bundar. Diameter benda kerja menentukan ukuran dari Blok V yang digunakan. Beberapa Blok V dilengkapi dengan Klem berbentuk U untuk memegang benda kerja dengan aman.
8.    Jig
Jig dari mesin bor (drill jig) digunakan apabila beberapa komponen akan dibor dengan proses yang sama. Dengan bantuan jig, masing-masing lubang bor  pada tiap komponen akan terletak pada lokasi yang sama. Jig biasanya digunakan pada komponen yang diproduksi massal sehingga setiap komponen dapat saling digantikan dengan komponen yang lain.

Pencekaman benda kerja biasanya menggunakan penggabungan dari alat-alat di atas. Seperti contoh pada gambar berikut, untuk memegang benda kerja poros yang bundar diperlukan Blok V, Blok bertingkat, Baut T dan Strap. Dengan demikian benda kerja akan dapat dibor dengan aman dan presisi. Contoh lain adalah penggunaan plat siku, Klem C dan strap seperti pada gambar berikut:

macam-macam peralatan clamp (penjepit) macam-macam peralatan clamp (penjepit) Reviewed by dpy on March 31, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.