alat ukur semi presisi

Mistar baja digunakan untuk mengukur secara linear komponen-komponen  yang tidak memerlukan akurasi tinggi. Pengukuran akan cukup akurat apabila sisi ujung mistar menempel pada komponen yang diukur (gambar 15.a,b dan c). Namun setelah lama digunakan, ujung mistar akan mengalami aus. Sehingga untuk pengukuran yang lebih presisi pengukuran dimulai dari skala angka satuan hasil pengukuran nantinya dikurangi satu (Gambar 15.d

Pengukur kedalaman (depth gage) digunakan untuk mengukur lubang, slot dan lain-lain. Alas dari alas ini dibuat dari baja dengan perlakuan panas, sedangkan mistar pendek dibuat dari baja temper. Mistar bergerak pada slot alas dan dikunci menggunakan baut pengunci yang dikartel.
Kaliper celah biasa digunakan untuk memeriksa jarak-jarak yang kecil atau ukuran celah-celah diantara dua permukaan. Tiap set terdiri dari 10 buah kaliper atau lebih, dijepit pada penjepit baja dengan pena. 

Kaliper/ jangka terdiri dari kaliper luar dan kaliper dalam. Kaliper luar digunakan untuk mengukur permukaan luar dari benda bulat maupun rata. Kaki dari kaliper ini membengkok ke luar sehingga dapat digunakan untuk mengukur silinder yang besar. Kaliper dalam digunakan untuk mengukur lubang, lebar slot, alur pasak dan permukaan terbuka yang lain. Untuk memperoleh hasil pengukuran maka perlu dipindahkan ukuran ke mistar baja maupun menggunakan micrometer.

Satu set alat ukur kombinasi terdiri dari: Mistar baja; Handel tegak lurus dilengkapi dengan waterpas, penggores dan sudut 45°; busur derajat (protractor) untuk mengukur sudut, dan kepala senter untuk menentukan titik pusat lingkaran. Alat ini lebih banyak digunakan untuk layout

alat ukur semi presisi alat ukur semi presisi Reviewed by dpy on March 31, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.