Melindungi Hasil Perakitan dari Kerusakan


Untuk menangani benda kerja yang telah dibuat lebih lanjut maka harus dipikirkan keamanannya, karena benda kerja yang tidak ditangani lebih lanjut akan lebih cepat rusak. Kerusakan yang banyak terjadi pada benda kerja disebabkan oleh dua hal yang pokok. Yang pertama adalah penempatan, dan yang kedua adalah korosi atau berkarat.
Penempatan benda kerja agar benda kerja aman dan tidak cepat rusak adalah penanganan lanjut yang penting dalam pembuatan benda kerja. Benda kerja tidak boleh diletakkan pada tempat yang tidak semestinya. Benda-benda yang ringan tidak mungkin ditempatkan di bawah benda-benda yang berat, karena sistem penempatan yang demikian mengakibatkan rusaknya benda ringan yang berada di bawah benda-benda yang berat. Selain itu dalam penyimpanan harus diperhitungkan lalu lalang benda kerja lainnya. Jangan sampai ada penempatan benda kerja yang beresiko rusak atau jatuh pada waktu mengadakan penyimpanan benda kerja lainnya. Peletakan benda kerja harus stabil dan diperhitungkan supaya tidak mudah jatuh.
Korosi atau karat adalah penyebab utama rusaknya benda kerja terutama bagi benda kerja yang dibuat dari bahan besi. Oleh sebab itu benda kerja harus dilindungi dari kemungkinan terjadinya korosi. Ada beberapa cara agar benda kerja tidak cepat terkena korosi, diantaranya adalah menjauhkan benda kerja dari sumber-sumber korosi dan melapisi benda kerja dengan zat yang dapat menahan korosi. Penempatan benda kerja dijauhkan dari sumber korosi misalnya dengan cara menjauhkan dari air, menempatkan pada ruang yang tidak lembab atau menutupi benda kerja dengan bahan-bahan anti korosi, misalnya palstik. Sedangkan melapisi benda kerja dengan zat anti korosi dapat dilakukan misalnya dengan mengecat benda kerja tersebut atau untuk benda kerja yang penting dapat menggunakan lapisan krom.
Melindungi Hasil Perakitan dari Kerusakan Melindungi Hasil Perakitan dari Kerusakan Reviewed by dpy on March 31, 2015 Rating: 5

No comments:

dpy
www.dpy.my.id. Powered by Blogger.